Bupati Bolmong Limi Mokodompit Hadiri Musrenbangnas 2024 : Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif

Gambar : Bupati Bolmong Limi Mokodompit Hadiri Musrenbangnas 2024 : Menuju Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif, (6/5/2024).

TNews, BOLMONG – Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Ir. Limi Mokodompit MM, menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 yang telah digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta pada Senin (6/5/2024).

Acara ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta Kepala Daerah dari seluruh Indonesia.

Musrenbangnas ini bertujuan untuk membahas rencana pembangunan nasional dengan tema “Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan”.

Dalam pidatonya, Presiden Joko Widodo mengajak para pejabat daerah untuk mengambil langkah konkret dalam perencanaan penyusunan fiskal dan anggaran yang lebih hati-hati.

Presiden Widodo meminta agar tidak ada satu rupiah pun yang meleset dari rencana yang telah disepakati dalam Musrenbangnas ini. Dia juga menekankan bahwa sinkronisasi antara program di daerah dan pemerintah pusat menjadi tantangan yang perlu diatasi.

Tujuan Musrenbangnas adalah untuk melakukan harmonisasi dan sinkronisasi program di daerah dan pemerintah pusat. Presiden mengingatkan bahwa sinkronisasi ini sangat penting, dan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 harus mengacu pada prinsip tersebut.

Presiden juga menyebut bahwa Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menetapkan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) sebagai lembaga yang bertanggung jawab dalam penyusunan RKP.

Dengan adanya Musrenbangnas ini, diharapkan program pembangunan nasional untuk tahun-tahun mendatang dapat dilaksanakan dengan sinkronisasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Hal ini akan memastikan tercapainya pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan bagi seluruh rakyat Indonesia.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *