SSM Resmi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pelabuhan Kotabunan : Semoga Membawa Dampak Positif

Gambar : SSM Resmi Letakkan Batu Pertama Pembangunan Pelabuhan Kotabunan : Semoga Membawa Dampak Positif, (27/5/2024).

TNews, BOLTIM – Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Dr (c) Sam Sachrul Mamonto S Sos Msi (SSM), melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pelabuhan Kotabunan pada Senin (27/5/2024).

Peletakan batu pertama tersebut menjadi bukti nyata atas keberhasilan Bupati SSM dalam mengawal usulan dan meyakinkan Kementerian Perhubungan untuk menyetujui anggaran sebesar Rp. 54 miliar Rupiah.

Mengungkapkan perasaan haru dan kebahagiaannya melihat dimulainya pembangunan pelabuhan Kotabunan ini. Menurutnya, banyak daerah yang mengusulkan pembangunan pelabuhan serupa, namun Kementerian Perhubungan mempercayakan proyek tersebut pada Boltim.

“Saya orang yang tidak mudah menangis. Tapi hari ini Saya menangis karena rasa haru bercampur bahagia. Sebab ada banyak daerah yang menyampaikan usulan ke Kementrian Perhubungan untuk pembangunan Pelabuhan seperti ini, tapi Alhamdulillah pihak Kementrian memutuskan untuk memberikannya kepada Boltim,” kata Bupati SSM.

Bupati SSM menambahkan, Pembangunan daratan akan menjadi tahap awal dalam proyek ini, yang rencananya akan dimulai pada bulan Agustus mendatang.

“Untuk tahap awal ini yang akan dibangun lebih dulu yaitu pembangunan darat. Rencananya Agustus mulai dilaksanakan,” terangnya.

Bupati SSM menjelaskan, bahwa keberadaan pelabuhan akan membawa banyak dampak positif, seperti peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta perekonomian masyarakat sekitar.

“Setiap daerah yang memiliki pelabuhan pasti akan maju pesat. Salah satu faktor pendukung paling utama adalah pertumbuhan ekonomi. Hal ini juga pasti akan dirasakan oleh masyarakat Kotabunan dan sekitarnya,” sambungnya.

SSM, yang sudah memimpin Boltim selama tiga tahun, terus berupaya menjadi promotor pembangunan daerah tersebut. Motivasinya didorong oleh niat tulus demi tanah kelahirannya.

Dalam setiap langkahnya, Bupati Boltim berpikir bagaimana membuat Boltim menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya dan berusaha meyakinkan Pemerintah Pusat untuk mengalokasikan dana APBN demi pembangunan Boltim yang dicintainya.

“Setiap saat Saya selalu berpikir bagaimana agar bisa membangun Boltim menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Apapun yang akan Saya lakukan agar bisa meyakinkan Pemerintah Pusat agar mau mengeluarkan anggaran APBN demi pembangunan di Boltim. Ini tulus Saya melakukan demi Boltim yang kita cintai,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, SSM tidak lupa mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Syahbandar Kotabunan, Cristian W Egam. SSM merasa bahwa Kepala Syahbandar Kotabunan berperan penting dalam mendukung pembangunan pelabuhan tersebut.

Di kesempatan yang sama, Kepala Syahbandar Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) III Kotabunan Cristian W Egam, juga mengapresiasi perjuangan SSM dalam mewujudkan pembangunan Pelabuhan Kotabunan. Pembangunan tersebut diharapkan dapat terealisasi pada tahun 2024.

“Pak Bupati sangat peduli akan proses pembangunan pelabuhan Kotabunan, dimana dari tahun 2022 Pak Bupati mengawal langsung proses pengajuan pembangunan pelabuhan Kotabunan di Dirjen Pelabuhan Kemenhub dan Alhamdulillah tahun 2024 ini membuahkan hasil, sekali lagi Saya selaku kepala Syahbandar Kotabunan sangat berterima kasih atas kepedulian Pak Bupati,” ujar Egam.

Acara peletakan batu pertama ini juga dihadiri oleh beberapa tokoh, termasuk Kapolres Boltim AKBP Sugeng Setyo Budhi, Ketua TP-PKK Ny Seska Ervina Budiman S.Sos, Perwakilan Danramil, Perwakilan PT. Assa, Perwakilan anggota DPR, Ketua MUI, para Staf Khusus Bupati, para Asisten, para Kepala OPD, para Camat, Sangadi se-Kecamatan Kotabunan, Jajaran Kantor Syahbandar Kotabunan, Tokoh Masyarakat Kotabunan, dan masyarakat Kotabunan bersatu.*

Peliput : Aswin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *