Kepala Balai WS Sulawesi Puji Inovasi Bupati Boltim Ajukan Usulan Pembangunan Infrastruktur di Kementerian PUPR

Gambar : Kepala Balai WS Sulawesi Puji Inovasi Bupati Boltim Ajukan Usulan Pembangunan Infrastruktur di Kementerian PUPR, (27/3/2024).

TNews, BOLTIM – Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi, Ir. Sugeng Haryanto, M.Si, MT, memuji presentasi Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto (SSM) yang inovatif. Rabu (27/3/2024).

Bupati SSM mendatangi dua Balai Satker yang berada di bawah Dirjen SDA dan Dirjen Bina Marga, Kementerian PUPR, yakni Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi dan Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kementerian PUPR di Manado.

Tujuan utama dari kunjungan Bupati SSM adalah untuk merampungkan program kegiatan bagi masyarakat Boltim dalam hal infrastruktur.

Kepala BWS, Ir. Sugeng Haryanto, M.Si, MT, mengapresiasi presentasi Bupati SSM, terutama karena usulan yang disampaikan sudah dilengkapi dengan desain gambar serta dalam waktu dekat, pihaknya berencana akan meninjau lokasi yang diusulkan.

“Usulan yang tadi disampaikan sudah ada desain dari PU (dinas), berarti lebih baik dan akan lebih cepat (dikerjakan) dibandingkan yang belum. Kami minta dokumen-dokumen desainnya, nanti kami akan kaji dan masukan dan rencana strategi yang kebetulan sedang disusun. Kalau bisa dibantu juga untuk soal sosialnya, (sosialisasi) lokasi pemukiman dan sekitar,” kata Kepala BWS.

Orang nomor satu Boltim mempresentasikan berbagai usulan program yang menjadi kewenangan pemerintah pusat. Beberapa di antara usulan tersebut akan segera dilaksanakan pada awal Mei 2024 dengan anggaran puluhan miliar rupiah.

Secara khusus, pada usulan di Balai Sungai, Bupati SSM telah mengemukakan beberapa usulan pembangunan dan rehabilitasi infrastruktur. Usulan tersebut mencakup pembangunan pemecah ombak di Matabulu dan Jiko Molobog, dan Tutuyan, pembangunan tanggul penahan abrasi pantai di Bulawan Induk, dan tanggul tebing abrasi air sungai di Kotabunan-Bulawan, Motongkad dan Molobong, serta rehabilitasi irigasi-irigasi yang ada di Boltim.

“Apa yang kami usulkan inj adalah keluhan dari masyarakat Boltim. Mudah-mudahan bisa segera diatasi agar tidak ada lagi kendala di tengah masyarakat yang sering terdampak oleh abrasi dan banjir,” ujar Bupati SSM.

Menurut Bupati SSM, usulan tersebut merupakan respons terhadap keluhan dari masyarakat Boltim. Mereka berharap solusi segera dapat ditemukan untuk mengatasi kendala yang sering dihadapi masyarakat, seperti abrasi dan banjir.

Bupati SSM berharap usulan ini dapat segera dikerjakan untuk kesejahteraan masyarakat Boltim.

“Kami berharap usulannya bisa dikerjakan, karena usulan ini untuk masyarakat Boltim. Kami juga telah menganggarkan biaya utitas untuk mendukung pelebaran dan pembangunan jalan, termasuk dengan sarana milik PLN,” tambah Bupati SSM.

Sebagai penutup, Bupati SSM mengucapkan terima kasih kepada jajaran BPJN Kementerian PUPR dan BWS atas persetujuan usulan tersebut dan berjanji akan segera mengadakan rapat.

“Terima kasih usulan yang lalu telah disetujui dan akan segera dilaksanakan. Mengenai pelebaran tiga jembatan yang masih terkendala lahan, kami akan langsung lakukan rapat untuk menyelesaikan sehingga pelebaran bisa bersama-sama dilaksanakan dengan pelebaran 7 jembatan yang lain,” tutupnya.*

Peliput : Aswin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *