Pemilihan Sangadi Serentak di 67 Desa Segera Digelar, 14 Sangadi Definitif Diberikan Evaluasi

Gambar: Pemilihan Sangadi Serentak di 67 Desa Segera Digelar, 14 Sangadi Definitif Diberikan Evaluasi, (8/10/2024).

TNews, BOLTIM – Pemilihan Kepala Desa (Sangadi) serentak di 67 desa di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) akan segera dilaksanakan. Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Pemkab Boltim, Hendra Tangel, SH, mengungkapkan bahwa anggaran penyelenggaraan sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah.

“Tahapan Pemilihan Sangadi untuk Penganggaranya sudah tersedia sehingga dalam waktu dekat sudah akan dilaksanakan,” ujar Tangel pada Selasa (8/10/2024).

Tangel menjelaskan, tahapan pemilihan Sangadi akan dimulai pada bulan Desember 2024 untuk desa-desa yang saat ini dijabat oleh 67 Pejabat Sementara (Pjs). “Tahapan Pilsang akan dimulai pada akhir Bulan Desember dan untuk Pemilihannya akan dilaksanakan pada bulan Januari 2025. Ini untuk 67 Desa yang saat ini dijabat oleh Pjs,” jelasnya.

Mantan Kadis PMD ini menambahkan bahwa pelaksanaan tahapan pemilihan Sangadi telah dilakukan kajian sesuai dengan peraturan perundangan. “Tahapan Pilsang ini sudah sesuai dengan kajian peraturan yang berlaku dan juga masih menjadi Kewenangan Bapak Bupati Dr. Sam Sachrul Mamonto, S.Sos, M.Si,” tegas Tangel.

Terkait 14 Sangadi definitif yang masa jabatannya belum habis saat regulasi terbaru keluar, Tangel mengungkapkan bahwa mereka akan dievaluasi oleh tim yang telah dibentuk. “Untuk perpanjangan ke-14 Sangadi definitif, dalam peraturan, akan dilaksanakan setelah terlebih dahulu dilakukan evaluasi oleh tim yang terdiri dari Inspektorat, Badan Keuangan dan PMD,” pungkas Tangel.*

Peliput: Aswin

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *