Sofyan: Anak-Anak, Pilar Utama Pembangunan Masa Depan

TNews, Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menggelar peringatan Hari Anak Nasional (HAN) ke – 40 tingkat Kota Kotamobagu, dengan mengusung tema “Suara Anak Membangun Bangsa”, bertempat di Rumah Dinas Wali Kota, Kamis (01/08/2024).

Kegiatan yang diinisiasi Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DP3A) tersebut, dibuka langsung oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Sofyan Mokoginta.Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya memberikan hak-hak yang layak bagi anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

“Anak-anak harus menikmati hak mereka tanpa terkecuali untuk mendukung tumbuh kembang mereka agar kelak menjadi manusia yang berguna sesuai dengan minat dan bakat mereka,” ujarnya.

Sofyan juga menyatakan bahwa peringatan HAN tahun ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian terhadap tumbuh kembang anak.

“Momentum peringatan ini harus menjadi pemicu semangat kita dalam memberikan perhatian kepada anak-anak dan menyebarkan informasi tentang pentingnya membangun karakter melalui pengasuhan yang berkualitas,” tambahnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk orang tua, keluarga, dan dunia usaha di Kotamobagu, untuk bersama-sama meningkatkan kualitas pengasuhan dan mendukung perlindungan serta pemenuhan hak-hak anak sesuai dengan UU Nomor 35 tahun 2024 tentang Perlindungan Anak.

“Anak-anak adalah aset berharga bangsa dan pilar utama dalam pembangunan masa depan. Kita memiliki tanggung jawab besar untuk melindungi, mendidik, dan memberdayakan mereka,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sofyan juga mengingatkan pentingnya mengevaluasi sejauh mana upaya yang telah dilakukan dalam rangka memberikan komitmen terhadap kesejahteraan anak-anak di Kotamobagu, termasuk menghadapi tantangan seperti kekerasan, eksploitasi, dan akses terhadap pendidikan serta kesehatan yang layak.

Selain itu, ia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak di Kotamobagu.

“Atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu, saya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, Forkompinda, organisasi perempuan, TP PKK, DWP, UPTD P3A, Satgas TPPO, Puspaga, Pusat Informasi Sahabat Anak, Pengurus Forum Anak Daerah, Dunia Usaha, dan seluruh masyarakat yang terus memberikan dedikasi dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak,” tuturnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Sitti Fatmah Fitriana Nani Buhang, para asisten pimpinan OPD, serta anak-anak dari berbagai sekolah di Kota Kotamobagu.

Fabio

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *