Menyambut Idul Adha, Distankan Kotamobagu Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Gambar: Menyambut Idul Adha, Distankan Kotamobagu Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban, (13/6/2024).

TNews, KOTAMOBAGU – Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah tahun 2024, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kotamobagu turun melakukan pemeriksaan hewan kurban di pasar hewan maupun tempat pengepul.

Hal ini diungkapkan Kepala Distankan Kotamobagu melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Bobby Damopolii saat dihubungi wartawan, Kamis (13/6/2024).

“Pemeriksaan hewan kurban sudah kami lakukan sejak dua hari lalu di tingkat pedagang atau pengepul hingga pasar hewan. Hal ini untuk memastikan kesehatan hewan kurban bebas dari penyakit berbahaya,” ujar Bobby.

Selain di pasar hewan lanjutnya, pemeriksaan kesehatan hewan kurban juga akan dilakukan di 33 desa dan kelurahan se-Kota Kotamobagu.

“Kami sudah menyurati lurah dan sangadi bahwa akan ada pemeriksaan hewan kurban baik sebelum maupun sesudah disembelih pada pelaksanaan hari raya Idul Adha, jika sudah ada data dari lurah dan sangadi maka tim dari Distankan termasuk dokter hewan akan turun langsung untuk melakukan pemeriksaan,” terangnya.

Ia pun berharap, para lurah dan sangadi di 33 desa/kelurahan proaktif menyikapi surat pemberitahuan yang dilayangkan, guna memastikan daging hewan kurban aman dan layak dikonsumsi masyarakat lebih khusus para penerima yang berhak.

“Biasanya H-2 Idul Adha sudah ada hewan baik sapi atau kambing di tiap desa dan kelurahan. Namun jika data hewan kurban di tiap desa dan kelurahan lebih cepat masuk maka tim segera turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan,” tandasnya.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *