Kotamobagu Catatkan Kenaikan Nilai IPS 2024

Gambar: Kotamobagu Catatkan Kenaikan Nilai IPS 2024, (26/9/2024).

TNews, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota Kotamobagu berhasil mencatatkan kenaikan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tahun 2024 menjadi 2,99. Hal ini berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) terhadap kinerja penyelenggaraan statistik di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kotamobagu, Mohamad Fahri Damopolii, menyampaikan rasa syukurnya atas capaian tersebut. “Alhamdulillah, kami bersyukur karena nilai IPS Kota Kotamobagu naik menjadi 2,99. Capaian ini jauh lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 1,6, dan melebihi target IPS Pemkot tahun 2024 sebesar 1,8,” ungkap Fahri setelah menerima hasil evaluasi pada kegiatan Hari Statistik Nasional di Jakarta.

Fahri menjelaskan bahwa EPSS adalah sarana untuk mengukur capaian penyelenggaraan statistik pada instansi pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah. Proses evaluasi ini melibatkan tim penilai dari BPS yang menilai hasil dari Tim Penilai Internal pemerintah daerah.

“Untuk tahun 2024, produsen data yang dinilai adalah Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Kotamobagu, dengan Dinas Kominfo sebagai wali data dan Bappelitbangda sebagai koordinator satu data,” tambahnya.

Fahri juga menekankan bahwa hasil dari EPSS akan digunakan sebagai salah satu indikator oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dalam mengevaluasi reformasi birokrasi.

Kegiatan Hari Statistik Nasional ini dibuka oleh Plt. Kepala BPS RI, Amalia Adininggar Widyasanti, dan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, serta berbagai pejabat tinggi lainnya dari BPS dan instansi pemerintah di seluruh Indonesia. Capaian ini menunjukkan komitmen Pemkot Kotamobagu dalam meningkatkan kualitas data dan informasi untuk mendukung pembangunan daerah.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *