DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Bahas Ranperda APBD 2025

Gambar: Pemkab Bolmong Tekankan Pentingnya Gotong-Royong dalam BBGRM ke XXI, (5/9/2024).

TNews, SULUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyelenggarakan Rapat Paripurna DALAM RANGKA PENYAMPAIAN/PENJELASAN GUBERNUR TERHADAP RANPERDA TENTANG APBD PROVINSI SULUT TAHUN ANGGARAN 2025, SEKALIGUS PEMANDANGAN UMUM FRAKSI TERHADAP RANPERDA TSB SERTA TANGGAPAN DAN/ATAU JAWABAN GUBERNUR ATAS PEMANDANGAN UMUM FRAKSI.

Ketua DPRD Sulut memimpin jalannya rapat paripurna yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Victor Mailangkey, dan Billy Lombok, bersama seluruh Anggota DPRD yang hadir maupun secara virtual.

Adapun yang hadir dari pihak eksekutif Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow, Sekprov Steve Kepel, Clay Dondokambey dan Jajaran Pemerintah Provinsi Sulut.

Sebagaimana diketahui bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah alias APBD adalah salah satu komponen penting bagi pemerintahan daerah dalam rangka pembiayaan dan penerapan berbagai macam proyek serta program yang direncanakan.

Rancangan APBD adalah hasil persetujuan dari DPRD dan disahkan oleh Peraturan Daerah.

Gubernur Provinsi Sulut, Prof. H.C Olly Dondokambey dalam sambutannya di bacakan Wakil Gubernur Steven Kandow menuturkan, harus sejalan dengan arah kebijakan nasional secara holistik.

“Maka dengan tujuh prioritas pembangunan daerah yaitu pembangunan yang berwawasan lingkungan, pemerataan pembangunan, penanggulangan kemiskinan, pembangunan pertanian perkebunan, perikanan dan pariwisata, peningkatan daya saing perekonomian daerah, peningkatan daya saing investasi daerah, stabilitas daerah,” beber Wakil Gubernur Sulut Steven Kandow di ruang paripurna, Rabu (4/9/2204).

Wagub Steven Kandow juga memaparkan, bahwa APBD T.A 2025 telah di anggarkan sebesar 3.4 Triliun lebih berfokus juga kepada pembangunan daerah serta penanggulangan kemiskinan.

“Ranperda ini di susun sesuai dengan kemampuan keuangan Daerah mempedomani KUA-PPAS terkait kapasitas fiskal dinilai masih rendah” ujar Steven Kandow

Saat pemandangan umum fraksi yang disampaikan masing-masing Fraksi DPRD Fraksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi NasDem, Fraksi Nyiur Melambai, menyetujui untuk di bahas pada tingkatan selanjutnya.*

Peliput: Sheera

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *