Pj. Wali Kota Asripan Nani Ikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Sulut 2023

Gambar : Pj. Wali Kota Asripan Nani Ikuti Penilaian Kinerja Penurunan Stunting Sulut 2023, (29/5/2024).

TNews, BOLMONG – Menurut Kepala Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Chelsia Paputungan, ST., ME., penilaian kinerja penurunan stunting yang dilakukan oleh tim penilai provinsi bertujuan untuk mengidentifikasi aspek kinerja yang telah baik dan yang masih memerlukan peningkatan.

“Penilaian ini mencakup pembinaan, pengawasan, dan evaluasi kinerja percepatan penurunan stunting, serta mengenali hal-hal inspiratif, replikatif, dan inovatif dalam pelaksanaan konvergensi penurunan stunting. Selain itu, juga memfasilitasi berbagi pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan 8 aksi konvergensi,” kata Chelsia.

Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappelitbangda Kota Kotamobagu, Muhamad Fahmi Iman, SE., menambahkan bahwa dalam penilaian kinerja ini, Tim Percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Kota Kotamobagu memaparkan berbagai langkah dan upaya yang dilakukan dalam mempercepat penurunan stunting di Kotamobagu.

“Selain secara konsisten melaksanakan 8 aksi konvergensi, kami juga melakukan inovasi melalui CEMILAN DASHAT (Cegah Stunting Ibu Hamil Sampai Melahirkan Sehat) KAMPUNG KELUARGA BERKUALITAS. Inovasi ini menggunakan daun kelor sebagai upaya pencegahan dari sumber utama masalah stunting, yaitu intervensi terhadap ibu hamil dengan kekurangan energi kronik serta ibu hamil dari keluarga berisiko stunting dengan memberikan edukasi 1000 HPK dan makanan tambahan yang memenuhi kebutuhan gizi ibu dan bayi selama dalam kandungan,” jelasnya.

Penilaian kinerja ini sangat penting dan strategis karena kabupaten/kota mendapatkan umpan balik dan pembelajaran yang mendorong peningkatan anggaran dan kinerja dalam upaya konvergensi percepatan penurunan stunting.

“Pemerintah daerah juga mendapatkan gambaran yang jelas untuk perbaikan perencanaan dan pelaksanaan konvergensi penanganan stunting,” ungkap Fahmi.

Acara ini turut dihadiri oleh Tim Penilai Kinerja Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Utara, Ketua TP PKK Kota Kotamobagu, Nyonya Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, SE., beserta jajaran pengurus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kotamobagu, Adnan, S.Sos., M.Si., serta OPD terkait.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *