Bimbingan Belajar Berbayar Sampah: Inovasi Siswa Madrasah yang Mengguncang Panggung IGA Kotamobagu

TNews, Kotamobagu – Inovative Goverment Award (IGA) 2024 kedatangan para inovator muda dari MAN 1 Kotamobagu. Selasa (6/8/2024)

Acara yang berlangsung di Aula Kantor Bappelitbangda Kota Kotamobagu ini adalah wadah bagi para peserta untuk memamerkan karya inovatif mereka agar dapat diimplementasikan untuk kemajuan daerah.

Salah satu inovasi yang dibawa oleh MAN 1 Kotamobagu di panggung IGA tersebut adalah Siswa Madrasah Mengajar (SMM).

“SMM atau bimbingan belajar (bimbel) berbayar sampah adalah ekstrakurikuler yang menyediakan bimbel untuk anak-anak Sekolah Dasar,” ungkap Tiara salah satu inovator MAN 1 Kotamobagu.

“Di SMM, kami siswa-siswi MAN 1 Kotamobagu yang berperan sebagai tutornya,” lanjut Tiara.

Tiara menambahkan, hal unik dari SMM yang membedakan dengan bimbel konvensional adalah pada proses pembayarannya.

“Tidak dibayar dengan uang tapi dibayar dengan sampah yang nantinya akan di daur ulang. Dari sini kami selain mengajarkan ilmu pengetahuan kepada peserta bimbingan juga menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan,” lanjut Tiara.

Ia berharap Pemerintah bisa lebih memperhatikan juga turut memberikan bantuan berupa fasilitas kepada mereka atau program-program lain yang sejenis dengan itu yang bergerak untuk meningkatkan sektor pendidikan dan kebersihan lingkungan di Kota Kotamobagu.

“Satu inovasi dua masalah teratasi. Dari SMM kita Ikut memajukan pendidikan dan terlibat dalam menjaga lingkungan,” tutup Tiara.

Berikut adalah nama-nama inovator SMM dari MAN 1 Kotamobagu:

  1. Rahma Mutiara Dwi Putri Simbala
  2. Qiranizza Mokobombang
  3. Meilan Gonibala

Fabio Balamba

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *